Resep Balado Udang


Saya akan membagi resep makanan yang sehat, hemat dan tentunya bergizi. Resep yang akan saya sampaikan ialah Resep Balado Udang. Sebelumnya saya akan memaparkan sedikit kandungan nutrisi dan manfaat tentang udang. Udang merupakan salah satu makanan laut yang cukup digemari di Indonesia.Untuk mendapatkan udang itu sendiri pun mudah sebagai bahan makanan. Bagi anda yang gemar makanan seafood pasti tidak asing dengan kelezatan udang, udang selain lezat juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Udang

Sumber vitamin 
       Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi.Kandungannya yang tertingi berturut-turut sesuai dengan presentase kebutuhan harian adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Sumber mineral
      Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, ada fosfor 20%, zat besi dan tembaga 13%, magnesium 9%, zinc 7%,sodium 6%, dan lain-lain.

Sumber Protein
      Kandungan protein udang dikategorikan sebagai "complete protein" karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Asam amino
     Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam glutamat, asam aspartat, arginine, lysine, leucine,glycine, isoleucine, dan valin.

Rendah Kalori
     Kalori udang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100gr) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Seperti makanan laut, kadar asam lemak sehat pada udang sangat tinggi yaitu Omega 3 dan Omega 6.

Nah itulah beberapa kandungan nutrisi dalam udang, dan selanjutnya saya akan membagi Resep Balado Udang yang lezat tentunya. Untuk memasak Balado Udang pertama-tama Anda menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, bumbu halus dan cara memasak tentunya.

Resep Balado Udang:

Bahan
  • 250 gr Udang ukuran sedang, jangan lupa untuk buang kepalanya
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus
  • 6 buah bawang merah
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt terasi bakar
  • 1 buah tomat merah segar
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara Memasak Resep Balado Udang
  1. Cucilah bersih udang segar, lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan minyak dalam wajan, setelah panas tumislah bumbu halus hingga muncul aroma harum
  3. Masukkanlah udang, dan aduk hingga merata pada bumbu halus
  4. Masaklah hingga udang matang, lalu angkat, dan sajikan

Setelah tahu bagaimana caranya memasak Resep Balado Udang tersebut, saya akan memaparkan manfaat dari udang. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi udang antara lain,

1. Menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung)
2. Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh.
3. Sangat cocok untuk menu diet
4. Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya.
5. Menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium. dan pottasium yang tinggi.

Nah itulah Resep Balado Udang yang sehat, hemat dan bergizi. Anda tertarik untuk mencoba memasaknya ? Tidak usah ragu, bahan mudah didapat dan murah tentunya. Selamat mencoba menu resep Balado Udang.
Oldest