Resep Masakan Ikan Mas Sambal Rujak

Ikan Mas Sambal Rujak

Resep aneka masakan kali ini hadir kembali untuk memberikan resep-resep masakan khas Indonesia yang bergizi dan lezat. Resep masakan kali ini akan membahas mengenai olahan masakan dengan ikan, yaitu ikan mas. Ikan mas dalam resep masakan kali ini diolah menjadi masakan yang bergizi dan lezat. Resep Masakan Ikan Mas Sambal Rujak itulah nama resep masakan kali ini, bahan utamanya yaitu ikan mas segar yang dapat ditemukan di supermarket atau di pasar ikan, harganya juga terjangkau. Seperti biasa saya akan menjelaskan sedikit mengenai nilai gizi dari ikan mas itu sendiri.

Ikan mas merupakan sumber protein yang berasal dari air tawar. Ikan mas sangat mudah dijumpai di pasar ikan atau di supermarket. Ikan mas mengandung nilai gizi yang dibutuhkan di dalam tubuh kita, nilai gizinya antara lain mengandung kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air, dan mineral. Adapun manfaat ikan mas apabila kita mengkonsumsi dengan baik yaitu dapat mencegah penyakit jantung dan gagal jantung, karena dalam ikan mas itu mengandung asam lemak seperti omega 3, dapat menurunkan tekanan darah nah ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi, lalu dapat juga mengurangi berat badan sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet ketat, dan ini yang paling penting bagi anak-anak ikan mas dapat merangsang kerja otak dan pertumbuhan tinggi pada anak-anak.

Itulah penjelasan mengenai nilai gizi dan manfaat pada ikan mas, selanjutnya saya akan membagikan Resep Masakan Ikan Mas Sambal Rujak yang bergizi dan lezat.

                             Resep Masakan Ikan Mas Sambal Rujak 

Bahan: 

  • 3 ekor ikan mas segar 
  • 4 buah tomat 
  • 6 cabai merah segar 
  • sekerat kunyit 
  • 1 batang serai lalu dimemarkan 
  • 2 batang perai dipotong besar 
  • 1 sdt garam 
  • air secukupnya 
Cara Memasak Ikan Mas Sambal Rujak:

  1.  Ikan mas dibersihkan dengan membuang insangnya, isi perut, dan cuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Lalu ikan mas dipotong menjadi dua bagian. 
  2. Cabai merah, kemiri, kunyit, dan tomat dihaluskan, kemudian lumurkan pada ikan mas, tambahkan serai, perai dan tuangkan air secukupnya, lalu bubuhi garam. Selanjutnya masak dalam panci tertutup di atas api yang nyalanya sedang-sedang saja hingga matang. 
  3. Terakhir setelah masak, hidangkan dengan nasi putih panas. 
 Itulah Resep Masakan Ikan Mas Sambal Rujak yang bergizi dan lezat, sangat cocok dikonsumsi bagi anak-anak hingga dewasa, bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, dan yang sedang menjalani program diet. Bahan dan cara yang mudah ditemukan dan dipraktikkan. Selamat mencobanya di rumah :)
Previous
Next Post »