Resep Masakan Ketupat Lebaran Spesial Lebaran

Ketupat Lebaran

Kali ini saya akan membagi resep masakan khas lebaran. Lebaran sebentar lagi, bagi Anda yang belum tahu bagaimana memasak Ketupat Lebaran yang praktis, saya punya solusinya. Resep Masakan Ketupat Lebaran Spesial Lebaran, ketupat adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bentuknya pun unik, ketupat memiliki wadah yang terbuat dari daun kelapa. Yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa dibuat untuk wadah makanan tersebut. Ketupat merupakan makanan khas yang ada di setiap lebaran, terutama di Indonesia. Bahan utama ketupat yaitu beras dan wadah tempat beras itu terbuat dari daun janur. Untuk membuat wadah ketupat itu memang perlu keahlian khusus, namun Anda tidak perlu khawatir karena wadah ketupat itu dijual di pasar.

Selanjutnya, saya punya tips sedikit untuk membuat ketupat yang lebih enak, yaitu apabila ketupatnya sudah matang jangan lupa disimpan di tempat yang baik yaitu di kulkas. Lalu untuk membuat ketupat yang enak itu wadah ketupatnya usahakan anyamannya rapat sehingga tertutup dengan sempurna.

Langsung saja saya uraikan bahan dan cara memasak Ketupat Lebaran

Resep Masakan Ketupat Lebaran "Spesial Lebaran" :

Bahan
  • Wadah ketupat berupa anyaman daun janur 12 buah
  • Air bersih secukupnya
  • Beras 500 gr
Cara Memasak Ketupat Lebaran :
  1. Pertama cucilah beras sampai bersih, lalu rendam beras tersebut selama 2 jam kemudian tiriskan.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci dan direndam tersebut kedalam wadah ketupat yang berupa anyaman dari daun janur sampai 2/3 bagian wadah ketupat lalu tutup dengan baik dan harus rapat.
  3. Selanjutnya masak beras tersebut yang sudah ditaruh dalam wadah ketupat ke dalam air mendidih, ingat airnya harus banyak hingga merendam semua bagian wadah ketupat tersebut selama kurang lebih 4-6 jam sampai dalam kondisi tanak.
  4. Terakhir, setelah ketupat itu matang lalu angkat dan biarkan hingga dingin.
Itulah resep masakan Ketupat Lebaran "Spesial Lebaran" yang mudah dan praktis. Selamat mencobanya di rumah.
Previous
Next Post »