Resep Masakan Pepes Telur Asin

Pepes Telur Asin

Resep masakan kali ini akan membagikan olahan masakan dari telur yaitu Resep Masakan Pepes Telur Asin yang sehat dan bergizi. Pasti Anda semua sudah tidak asing dengan telur asin, telur asin biasanya dimakan dengan nasi atau dengan lauk lain, tapi belum diolah menjadi masakan yang menggugah selera dan rasanya lezat. Bagi Anda penggemar masakan telur terutama telur asin, kali ini Anda wajib mencoba memasaknya di rumah untuk merasakan masakan Pepes Telur Asin. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai nilai gizi dan manfaatnya bagi tubuh kita.

Telur asin ialah salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia. Telur asin itu sendiri mengandung nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nilai gizi yang terkandung dalam telur asin antara lain yaitu kalsium, kalsium pada telur asin itu sangat banyak dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang serta memperkuat gigi, ada protein, kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, zat besi untuk meningkatkan hemoglobin dan mencegah anemia, beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh kita antara lain vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin B-1, dan vitamin C. Itulah sedikit informasi dari nilai gizi dan manfaat yang terkandung dalam telur asin.

Selanjutnya saya akan membagikan Resep Masakan Pepes Telur Asin yang sehat dan bergizi. Di sini Anda bebas memilih telur asin bebek atau ayam, Anda juga tidak susah untuk menemukan bahannya bisa dibeli di supermarket terdekat. Bahan dan cara memasak Resep Masakan Pepes Telur Asin antara lain

Resep Masakan Pepes Telur Asin

Bahan :

  • 3 butir telur asin mentah
  • 100 ml santan kental
  • 6 lembar daun salam
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu Halus :

  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara Memasak Pepes Telur Asin :

  1. Campurkan secara merata bumbu halus dengan santan kental bagi menjadi 3 bagian.
  2. Ambil daun pisang, lalu taruh 2 lembar daun salam di atasnya.
  3. Letakkan bumbu halus di atas daun tersebut, kemudian pecahkan 1 butir telu asin mentah, kemudian dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk seperti tum, lalu sematkan dengan lidi.
  4. Lakukan hal yang sama dengan sisa telur.
  5. Masukkan ke dalam dandang kukus, lalu kukus selama kurang lebih 30 menit.
  6. Terakhir angkat, lalu tata di atas piring saji, lalu sajikan dengan nasi hangat.
Itulah Resep Masakan Pepes Telur Asin yang sehat dan bergizi, banyak mengandung gizi dan tentunya bermanfaat bagi tubuh kita. Selamat mencobanya di rumah untuk keluarga tercinta :) 
Previous
Next Post »